Selasa, 20 September 2016

Fakta Menarik Tentang Liga Champions

Fakta menarik tentang liga champions. Real Madrid berhasil memastikan gelar juara Liga Champions 2015/2016 setelah berhasil mengalahkan Atletico Madrid lewat drama adu penalti.

Fakta Menarik Tentang Liga Champions

Ini merupakan ke-11 kalinya Madrid keluar sebagai juara Liga Champions. Pencapaian ini pun kemudian dikenal dengan istilah La Undecima.

Dibalik kemenangan ke-11 Madrid tersebut, muncul sejumlah fakta yang menarik. Berikut adalah fakta-fakta menarik tersebu:

Fakta menarik tentang liga champions

Real Madrid berhasil membukukan kesuksesan 100 persen di final Liga Champions (sejak format terbaru 1992). Dengan tampil 5 kali di laga final dan semuanya berujung sebagai juara. AC Milan menjadi satu-satunya klub yang paling banyak tampil di final sebanyak 6 kali. Namun, mereka hanya mampu menjadi juara sebanyak 3 kali.

Lima final yang dilakoni oleh Madrid terjadi di tahun genap dan tiga final diantaranya mereka melawan tim sesama Spanyol.

Real Madrid kini berhasil menyalip Barcelona yang menyandang predikat sebagai tim tersukses di era Liga Champions. Sejak era Liga Champions, Barca telah merengkuh 4 gelar juara dari 5 laga final yang dilakoni. Satu-satunya kekalahan yang  mereka rasakan adalah pada saat ditekuk AC Milan di final 1994.

Atletico Madrid mengikuti jejak Valencia sebagai timnya yang belum pernah memenangi Liga Champions setelah tampil lebih dari satu laga final (masing-masing telah melakoni 2 laga final).

Tim yang sepanjang turnamen tidak terkalahkan namun kalah di laga final Liga Champions adalah Bayer Leverkusen, AS Monaco, dan Arsenal.

Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone bergabung dengan rekan senegaranya Hector Cuper (mantan pelatih Valencia) sebagai pelatih yang belum pernah menjuarai Liga Champions meskipun telah tampil di lebih dari satu laga final.

Zinedine Zidane menjadi pelatih pertama asal Perancis yang menjuarai Liga Champions. Perancis sendiri merupakan negara ke-8 yang menelurkan pelatih yang menjadi juara. Pelatih yang berasal dari Italia dan Spanyol merupakan yang paling banyak mencicipi gelar juara, masing-masing enam pelatih. Sisanya menyebar di Jerman (empat pelatih), Belanda (2 pelatih), Portugal (2 pelatih), Skotlandia (2 pelatih), dan Belgia (1 pelatih). Namun masih belum ada pelatih di luar benua Eropa yang berhasil menjuarai Liga Champions.

Zidane juga merupakan orang kedua yang menjuarai Liga Champions baik sebagai pemain maupun pelatih, setelah Frank Rijkaard. Dia merupakan pemain pertama yang mencetak gol di final dan menjuarainya sebagai pelatih.

8 dari 24 final Liga Champions berlangsung hingga babak tambahan. Sebanyak 7 diantaranya berlanjut pada babak adu penalti. 5 final menghasilkan skor 1-1 hingga babak tambahan termasuk laga final di San Siro dan final antara Bayern Muenchen dan Valencia yang terjadi pada 2001.

Skor 1-1 merupakan skor yang paling sering terjadi di final Liga Champions. Selain itu, skor 2-1 juga banyak terjadi di 5 laga final.

Related Posts

Fakta Menarik Tentang Liga Champions
4/ 5
Oleh