Jumat, 30 September 2016

Barcelona Terancam Kena Sanksi Berat Pasca Munculnya Bendera Catalunya

Lagi-lagi nama Barcelona kembali disebut dalam liga yang digelar oleh UEFA musim ini. Hal ini tak lain disebabkan oleh ulah supporternya sendiri. Lalu apa yang telah dilakukan oleh supporter Barcelona sehingga harus kembali mencoreng nama baik klub besar tersebut?

Barcelona Terancam Kena Sanksi Berat Pasca Munculnya Bendera Catalunya

Kemenangan yang diraih oleh Barcelona saat menumbangkan Glasgow Celtic pada pertandingan perdana Liga Champions hari Rabu (14/9/2016) di Stadion Camp Nou beberapa hari lalu nampaknya harus ternodai. Hal ini disebabkan oleh aksi kurang terpuji yang dilakukan oleh supporternya sendiri.

Para supporter Barcelona dengan kompak mengibarkan bendera Catalunya saat pertadingan tim kesayangannya dengan wakil Skotlandia yakni Glasgow Celtic. Sudah bukan menjadi rahasia, bendera Catalunya adalah simbol kemerdekaan dan juga sekaligus sebagai simbol perlawanan terhadap pemerintah Spanyol.

Pengibaran bendera bintang dengan garis merah kuning ini memang sudah diketahui merupakan salah satu bentuk pelanggaran UEFA. Aksi ini menyebabkan Barcelona terancam akan mendapat sanksi berat dari UEFA. Terdapat sekitar tiga puluh ribu bendera Catalunya yang dikibarnya oleh para pendukung mereka di salah satu tribun stadion Camp Nou.

Para supporter Barcelona juga berteriak dengan bahasa yang kurang apik saat lagu khas UEFA dinyanyikan. Tak sedikit para supporter Barcelona yang berteriak dengan maksud menghina terhadap UEFA.

Hal ini juga diperparah dengan dinyanyikannya lagu kemerdekaan Catalunya oleh para pendukung fanatik Barcelona pada pertengahan babak pertama. Pengibaran bendera Catalunya tersebut ternyata sengaja dilakukan guna memperingati hari penaklukan yang dilakukan Kerajaan Spanyol terhadap Catalunya.

Ini bukan merupakan kali pertama Barcelona mendapat sanksi dari UEFA oleh karena aksi serupa. Barcelona pernah menerima sanksi terakhir kali saat musim 2014/2015 lalu. Hal ini terjadi saat pertandingan final Liga Champions melawan Juventus di Stadion Olympic, Berlin. Karena hal ini, Barcelona menerima sanksi berupa denda kurang lebih sekitar seratus lima puluh ribu Euro atau sebanding dengan 2,2 miliar.

Peraturan yang dibuat oleh UEFA dalam pertandingan-pertandingan yang ada dalam naungannya memang bisa dibilang teramat ketat. Peraturan-peraturan tersebut meliputi larangan dalam menggunakan kata-kata, objek-objek, gestur maupun tindakan apapun yanh ada diluar bahasan olahraga.

Pesan-pesan yang mencakup unsur politis, ideologis dan juga pesan-pesan yang bersifat menyerang dan merugikan pihak lain sangat dilarang. Saat ini badan kontrol UEFA sedang dalam proses penyelidikan dan pengumpulan bukti-bukti terkait kasus pengibaran serta penghinaan terhadap Asosiasi Sepakbola tertinggi di Eropa tersebut.

Akibat pelanggaran yang tergolong berat tersebut, kemungkinan Barcelona akan kembali menerima sanksi serupa dengan musim 2014/2015 lalu. Tetapi bisa jadi Barcelona mendapat sanksi yang lebih tegas karena para pendukungnya juga telah meneriakkan kata-kata yang bersifat hinaan terhadap UEFA.

Related Posts

Barcelona Terancam Kena Sanksi Berat Pasca Munculnya Bendera Catalunya
4/ 5
Oleh